4 Kriteria Petugas Call Center Yang Baik

12 Dec

4 Kriteria Petugas Call Center Yang Baik

Call Center adalah salah satu media yang baik digunakan untuk perusahaan barang dan jasa untuk dapat berinteraksi dengan para pelanggan. Call Center seolah menjadi prasyarat mutlak yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Oleh karenanya petugas call center benar-benar menjadi representatif sebuah perusahaan dimata para pelanggannya. Sangat penting untuk terus meningkatkan kompetensi petugas call center. Jika ingin menjadi petugas call center yang baik wajib memiliki kompetensi dibawah ini:

Memiliki Product Knowledge Yang Baik

Artinya, petugas call center sebuah perusahaan harus memahami seluruh jenis produk dari sebuah perusahaan. Menjadi lucu dan aneh jika saat menerima telepon dari pelanggan atau nasabah, si petugas call center gelagapan karena tidak menguasai produk yang ditanyakan pelanggannya. Karena itu, seorang petugas call center suka tidak suka harus menguasai product knowledge perusahaan di mana dia bekerja.

Lebih dari itu, petugas call center setiap saat harus berusaha meng-up date penguasaannya tentang product knowledge. Sebab, dengan kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat seperti saat ini, setiap saat bisa saja muncul banyak produk baru. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, seperti bank, tak henti-hentinya melakukan pengembangan produk dengan berbagai fitur terbarunya.

Harus Responsif.

Segera memberi respons terhadap penelepon dan mengatasi serta memberi solusi terhadap masalah yang dihadapi nasabah atau pelanggan. Jangan pernah membiarkan pelanggan atau nasabah menunggu lama di ujung telepon.

Kemampuan Mendengar Yang Baik

Karena tidak berhadapan langsung dengan pelanggan dan hanya menerima mereka melalui suaranya, seorang petugas call center harus memiliki kemampuan mendengar dengan baik. Kemampuan mendengar yang kurang baik akan memunculkan kesan buruk bagi pelayanan perusahaan. Pelanggan akan merasa kesal kalau petugas call center memintanya mengulang-ulang perkataannya.

Menjaga dan Mengendalikan Emosi

Untuk menjaga agar emosi tetap terjaga dengan baik, salah satunya bisa dilakukan dengan menaruh cermin di meja kerja. Dengan menatap cermin, misalnya, petugas call center bisa melihat perubahan ekspresi atau raut muka ketika sedang menerima keluhan pelanggan melalui telepon. Jika wajah tampak tegang, berarti emosi terpancing dan harus lekas berupaya mengendalikan emosi. Dalam kondisi seperti itu, yang harus diingat dan tertanam dalam jiwa bahwa tugas seorang call center adalah memberikan pelayanan dengan baik (service excellence).

Terakhir, jika masalah yang diadukan memang tak bisa diselesaikan saat itu juga, petugas call center harus bisa memberi pengertian dan berjanji akan segera menguhubungi si pelanggan jika masalahnya bisa teratasi.

 Sumber:

https://fakhrurrojihasan.wordpress.com/2015/12/07/4-kriteria-petugas-call-center-yang-baik/

  • 12 Dec, 2017
  • 168Solution Public Class

Share This Story