6 Cara Menangani Pelanggan Yang Marah

19 Dec

6 Cara Menangani Pelanggan yang Marah

Pelanggan marah?, Hal wajar yang kerap terjadi dan pasti terjadi terhadap setiap pelaku usaha, apalagi untuk kalian yang bekerja sebagai customer service / call center, sudah menjadi asupan yang tidak asing di dengar, hal ini bisa terjadi karena didasari dari kemungkinan cara customer service / call center yang kurang di nikmati dalam memberikan pelayanan, ataupun dari barang / jasa yang dinikmati pelanggan kurang memuaskan, contohnya : seperti provider telekomunikasi, jika terjadi gangguan sinyal / internet, atau toko online, disaat barang yang di beli tidak sesuai harapan.

Lalu apa yang harus di lakukan untuk menghadapai pelanggan yang marah, baik menghadapi via tlp maupun berhadapan langsung, dan kemungkinan Kalian akan berhadapan dengan rasa frustasi, kemarahan agresif dan ketidaksabaran, karena salah-salah penanganan pelanggan pun menghilang, jika hal ini terus terjadi, semakin lama perusahaan akan semakin mengalami pengurangan pelanggan, sehingga menjadi suatu tantangan menghadapi hal seperti ini, dan cara penanganan yang tepat harus dimiliki oleh customer service / call center.

Berikut tips yang bisa kalian gunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi :

  1. Tetap Tenang

Tidak ada yang suka berhadapan dengan orang yang emosi dan berteriak di depan umum, dan tugas kalian sebagai customer service / call center harus menguasai diri dan tetap tenang menghadapinya.

Ketika pelanggan sedang berapi-api meluapkan emosi dan unek-unek yang ada, jangan menangani hal tersebut dengan cara yang sama, api bertemu dengan api maka api akan semakin membesar, jadilah air, yang membuat api tersebut semakin redam.

  1. Jangan Mudah Tersinggung

Ingat, pelanggan tidak marah dengan Kalian, mereka hanya sedang tidak senang dengan kinerja produk atau kualitas layanan yang Kalian berikan. Diluar pekerjaan dan profesionalitas bisnis Kalian dan pelanggan adalah sahabat bukan?.

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Disaat pelanggan marah pada umumnya mereka membutuhkan seseorang untuk melampiaskan amarahanya dan itu adalah kalian sebagai customer service / call center  maka jangan melamun, focus jangan biarkan sesuatu mengalihkan perhatian kalian, dengarkan dengan sabar agar sedikit meredakan situasi, ketika pelanggan selesai berbicara maka berikan solusi  terbaik kepada mereka.

  1. Aktif Bersimpati

Setelah mendengarkan semua keluhannya, pelanggan ingin Kalian mengerti semua keluhannya. Tunjukkan rasa simpati Kalian kepada pelanggan. Menunjukkan simpati akan membantu pelanggan memahami bahwa Kalian benar-benar berusaha menolong mereka.

  1. Meminta Maaf

Setelah Kalian berempati dan memberikan solusi terbaik, maka kata maaf bisa menjadi hiasan yang dapat sedikit meredam amarah pelanggan, terlepas salah atau tidak kalian, tetap layani pelanggan dengan bijak dan sopan.

  1. Panggil Manajer atau Atasan

Terkadang ada pelanggan yang hanya mau berbicara kepada atasan Kalian, dan meminta atasan untuk datang, maka penuhi keinginanya, jika memungkinkan ketidak terlibatan atasan karena Kalian mampu menyelesaikan hal tersebut sendiri, hal ini lebih baik dengan begitu kalian dapat menunjukan keahlian terbaik Kalian dalam melayani pelanggan dengan baik.

Source by :

https://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/7-cara-menangani-pelanggan-yang-marah

  • 19 Dec, 2017
  • 168Solution Public Class

Share This Story