Cara Memanfaatkan Microsoft Power Point Dengan Maksimal

12 Apr

Cara Memanfaatkan Microsoft Power Point dengan Maksimal

Microsoft Office sudah menjadi aplikasi andalan dalam kehidupan pekerjaan kita sehari-hari, sehingga menjadi hal yang wajar dalam dunia pendidikan kita diajarkan microsoft office sejak tingkat sekolah dasar. Karena hal tersebut menjadi bekal utama ketika memasuki dunia kerja. Microsoft memiliki banyak aplikasi andalan yang familiar diantaranya, Word, Excel, Outlook, PowerPoint, dan Access dari beberapa aplikasi andalan tersebut memiliki keunggulan fiturnya masing-masing.

Pada kesempatan ini saya akan membahas kelebihan dari Microsoft PowerPoint, pertama kali saya menggunakan Microsoft PowerPoint tepat pada masa kuliah, dan fungsi utama yang saya tau adalah sebagai media pendukung presentasi, akan tetapi saat saya masuk dalam dunia pekerjaan ternyata PowerPoint memiliki fungsi lain yang dapat kita pelajari dan bisa di manfaatkan dengan baik. Memang bagi yang belum terbiasa agar sedikit terkesan sulit, namun jika kalian mau untuk belajar dan memahami fitur yang ada, kalian menjadikan Microsoft PowerPoint sebagai alternatif lain loh, berikut berbagai macam fungsi lain yang dapat di lakukan oleh Microsoft PowerPoint:

1. Sebagai Media Editing Gambar

Pertama kali saya merasakan untuk mencoba PowerPoint sebagai media presentasi, fitur penting yang familiar digunakan adalah menambahkan text, transisi slide, animasi object, saat saya memahami hal tersebut saya sudah merasa cukup mahir karena saya dapat membuat slide presentasi dengan berbagai animasi, dan transisi slide yang unik namun saat saya mulai bekerja fungsi unik yang baru saya ketahui adalah PowerPoint dapat digunakan sebagai media editing gambar, mungkin bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan berbagai software editing, seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator dan Paint, fitur yang dimiliki PowerPoint tidak lah berbeda jauh ada banyak tools sama yang dapat kita manfaatkan, walau tidak secanggih Adobe Collection tapi hal ini dapat kita manfaatkan jika kita belum ada waktu memperlajari software editing lain bahkan banyak hasil cetak seperti poster, logo, brosur, flyer, cover buku dan lain-lain dibuat menggunakan PowerPoint, hanya dengan memanfaatkan tools shape yang ada lalu di tambahkan stock photo yang kalian punya kalian sudah dapat membuat kreasi kalian sendiri, setelah kalian membuat design terbaik kalian klik file, lalu save as file menjadi jpg.

2. Sebagai Media Editing Video

Bagi kalian yang baru mendengar fitur ini, pasti kalian merasa cukup aneh, bagaimana bisa? hal ini pertama kali saya alami saat saya mengikuti seminar PowerPoint dan mencoba membuatnya, basic yang harus kalian miliki hanya berimajinasi dan memanfaatkan fitur animasi maupun transisi slide yang ada. Memang agak sedikit teknis jika ingin mendapatkan hasil kece saat membuat video branding untuk perusahaan kalian, tapi hal ini bisa kalian dapatkan jika kalian mau mencari tahu dan belajar membuat, walaupun pada hasil akhir masih perlu membutuhkan aplikasi editing lainnya seperti Adobe After Effect maupun Adobe Premier untuk menggabungkan beberapa video lain atau mengatur timing video kalian tapi animasi yang disediakan oleh PowerPoint tidak kalah keren loh dengan Adobe After Effect. Cara membuatnya sama seperti saat kalian membuat slide presentasi setelah cukup berkreasi dengan karya terbalik kalian lalu save as file kalian menjadi wmv/mp4.

Apakah hanya itu saja? tentu tidak tapi gambaran besarnya seperti itu, tergantung kebutuhan dan cara mengkreasikannya. Silahkan mencoba.

Aldyno Putra Pratama

Jakarta, 11 April 2018

  • 12 Apr, 2018
  • 168Solution Public Class

Share This Story