Cara Mengatasi Gugup Saat Berbicara Di Depan Umum

14 Jul

Cara Mengatasi Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Setiap orang yang belum terbiasa berbicara di depan umum pastinya akan merasa gugup ketika harus berbicara di depan umum, apalagi untuk orang yang tipe nya adalah pemalu.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa gugup tersebut?

Yang paling utama untuk mengatasi rasa gugup adalah meningkatkan persiapan. Persiapan kita untuk mengerahui siapa audience kita, apakah mahasiswa atau karyawan. Setelah kita mengetahui audiencenya siapa, kita mempersiapkan materi pembahasan. Untuk itu ketika kita semakin memahami materi maka kita akan semakin percaya diri dalam menyampaikan meteri tersebut. Setelah kita mengetahui audience, mempersiapkan materi, selanjutnya adalah penampilan. Penampilan ini seperti pakaian apa yang akan kita gunakan, sarana seperti laptop, pointer apabila ingin menggunakan pointer, dan soundsystem. Dengan semakin kita memperhatikan persiapan ini, maka kita akan semakin siap dan kita akan semakin dapat mengurangi rasa gugup.

Yang kedua adalah memberdayakan pikiran positif. Ketika kita bertanya kepada diri kita sendiri apa yang sebenarnya membuat kita merasa gugup, merasa canggung ketika berbicara di depan umum ternyata hampir separuh orang-orang yang merasa gugup di depan umum adalah di akibatkan oleh pikiran-pikiran mereka sendiri. Pikiran-pikiran yang selalu memvisualisasikan bagaimana jika mereka gagal berbicara di depan umum, bagaimana jika nanti materi yang kita sampaikan tidak di pahami oleh peserta, bagaimana jika nanti peserta menertawakan kita saat kita berbicara di depan umum. Pikiran-pikiran ini yang sering kali timbul dalam pikiran kita yang akan memperngaruhi dan akan meningkatkan rasa gugup dan canggung saat berbicara di depan umum. Untuk itu memberdayakan pikiran positif adalah hal yang sangat penting.

Yang ketiga adalah memperbanyak jam terbang (pengalaman). Cari kesempatan-kesempatan atau peluang untuk terus memperbanyak peluang berbicara di depan umum.

Dengan ketiga cara tersebut diatas, akan meningkatkan rasa percaya diri kamu dalam berbicara di depan umum.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=02ypJAZsSaQ

  • 14 Jul, 2017
  • 168Solution Public Class

Share This Story