Jangan Anggap Rendah Call Center

15 Dec

Jangan Anggap Rendah Call Center

Apa itu Call Center? yang menjadi pertanyaan utama saya ketika saya berkecimbung dalam dunia contact center. tapi, bukan sebagai agent maupun sebagai orang-orang yang berada di balik layar untuk mensukseskan contact center, saya hanya bekerja sebagai admin pada perusahaan jasa konsultasi, training, research, dan mystery shopping, khususnya dalam dunia contact center, yaitu 168solution.

Hadir pertama kali dengan minim informasi mengenai contact center, yang ada di bayangan saya setelah browsing ternyata tugasnya hanya angkat telepon doang toh”, dengan gaya sok tau berfikir bahwa dunia contact center adalah dunia dengan jangkauan kecil, karena ya tugasnya angkat telepon saja. Tapi perlahan saya sedikit paham bahwa dunia contact center adalah dunia yang cukup luas, memang terlihat mudah, ada telepon diangkat, terus dijawab, padahal, dibalik itu beban berat di tanggung oleh para pelaku contact center, karena berada di garda depan perusahaan menjadi cerminan sebuah perusahaan baik atau tidaknya, ya itu tergantung mereka, lho kenapa bisa?, karena bagus atau tidak nya sebuah perusahaan terlihat dari bagaimana pelayanan yang di berikan sebuah perusahaan terhadap pelanggan, ya kalo pelayanannya kurang menyenangkan biasanya orang Indonesia langsung komen dan besoknya bisik-bisik ke tetangga dan temen “ini perusahaan parah, masa gw ga dilayanin dengan baik telepon malah ga dapet solusi”, besok pada cabut deh gak ada yang mau pakai produk perusahaan itu karena ga enak pelayanannya.

Sehingga menjadi dalam bagian contact center bukan lah hal yang mudah, memberi pelayanan terbaik, memberikan solusi dan menyapa ramah pelanggan menjadi faktor utama yang harus dimiliki, sehingga tercipta brand image yang baik dari sebuah perusahaan, dengan cara tersebut perusahaan bisa mempertahankan pelanggannya dan bahkan nanti akan hadir banyak pelanggan-pelanggan baru karena melihat referensi dari temannya bahwa enak lho di perusahaan ini, pelayanannya kece. Apalagi di dunia era digital zaman now ini, semua informasi yang tidak menyenangkan langsung di share ke WhatsApp Story, Instagram Story, Facebook juga, dan social media lainnya, sehingga menjadi tantangan berat perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya, dan bahkan para agent contact center tiada henti loh memberikan pelayanan untuk pelanggannya sampai 24 jam NON STOP, ga juga sih, kan shifting, ya cuma coba bayangkan, kerja di tengah malam sampai pagi dengan keadaan mengantuk harus tetap siaga memberikan pelayanan dan solusi terbaik, kan ga mudah.

Sehingga dengan bangga dengan nada sedikit sombong anda bisa bilang jika ada yang tanya, “Mas kerjanya jadi apa?”, saya adalah Contact Center Agent.

 

By : Aldyno Putra Pratama

  • 15 Dec, 2017
  • 168Solution Public Class

Share This Story