Mau Cari Teman, Harus Tahu Cara Berkenalan

07 Jul

Mau Cari Teman, Harus Tahu Cara Berkenalan

"Tak Kenal Maka Tak Sayang" mungkin kalimat tadi bisa menjadi hal pertama yang sering diucapkan banyak pembicara seminar pada pertemuan pertama, karena memang untuk berinteraksi dengan orang lain tanpa perkenalan kehadiran anda hanya bagaikan angin, bertemu berkali-kali pun tak akan di perdulikan, "SIAPA LO!!!" ungkapan para kawula muda.

Sehingga sejak dini, anak sudah di beri pelajaran untuk berinteraksi dengan orang lain secara sopan santun agar bisa berkenalan dengan baik, namum untuk hal perkenalan, memberikan kesan terbaik saat melakukan perkenalan pertama adalah hal penting, karena dalam 30 detik pertama kesan berkenalan akan ditentukan, sehingga dalam 30 detik saja orang sudah bisa menilai seperti apakah kepribadian anda, apakah hal ini penting?, tidak hanya dalam keseharian saja, dalam dunia bisnis kesan terbaik customer pada perusahaan anda bisa membawa kesuksesan besar, apalagi di era gadget saat ini, momen apapun, situasi apapun, kejadian apapun, akan di posting di social media, dan hal ini akan menentukan nasib perusahaan anda, apalagi untuk kalian yang berada di garda depan perusahaan, sales, customer service, call center, dll, kesan terbaik customer akan perusahaan berada di pundak anda, Nah, bagaimana cara menciptakan kesan pertama yang baik?

  1. Perhatikan penampilan fisik

“Don’t judge a book by its cover” ungkapan ini benar adanya, jika penampilan anda terkesan frontal, tidak rapih dan tidak sopan, jangankan orang yg ingin anda temui, orang lain yg hanya lewat sebentar dihadapan anda sudah mengasumsikan banyak hal negatif tentang anda sehingga kesan baik pertama tidak akan anda dapatkan.

  1. Kendalikan ekspresi wajah dan bahasa tubuh

Senyum sapa dengan ramah akan membuat lawan bicara atau orang yang anda temui merasa senang berkenalan dengan anda saat bertemu, bahasa yg sopan dan ramah makin menambah kesan terbaik berkenalan, bayangkan ekspresi malas yang anda hadapi saat anda berkenalan dengan orang lain, apa kesan anda? pasti anda pun merasa malas berkenalan, hanya ada senyum palsu yang keluar dari raut muka anda.

  1. Sapa menggunakan nama mereka

kenapa saat berkenalan pertanyaan pertama yang keluar adalah, "siapa namanya?", "dengan siapa saya berbicara?", dll, memang karena tujuan hal tersebut adalah agar kita bisa lebih akrab berbicara sambil menyapa nama, tidak hanya dengan sebutan Bapak/Ibu saja.

  1. Bicara dengan jelas dan siapkan kata-kata pertama

Ingat “Mulutmu adalah Harimau mu” salah bicara fatal akibatnya, makannya susun strategi dan rencana apa kata tepat yang bisa di sampaikan saat berkenalan dengan orang lain.

  1. Pilih humor yang tepat

hal ini cocok untuk kalian yang mau mencoba memberi selingan humor saat berkenalan, dengan humor sederhana membuat perkenalan atau obrolan yang anda bicarakan tidak kaku dan membosankan, dan tidak terlalu formal, dan pembawaannya pun tidak boleh kaku, agar tidak "GARING".

dengan memperhatikan 5 hal tadi saat berkenalan semoga kalimat "Tak Kenal Maka Tak Sayang" bisa berubah jadi "Sudah kenal Malah Sayang" :), Setiap orang memiliki kepentingan tertentu dalam bersosialisasi, tapi ingat, lakukanlah dengan cara-cara yang bisa diterima orang banyak.

By : Aldyno Putra P

  • 07 Jul, 2017
  • 168Solution Public Class

Share This Story