Bekerja Di Call Center Menantang

05 Jan

Bekerja di Call Center Menantang

Kenapa Menantang?

Ada 6 hal yang pasti mengenai tantangan di Call Center, yaitu:

  1. Ada standart yang harus dilakukan Call Center yang terkadang tampak kurang Realistik. Seperti wajib melakukan penjelasan kurang lebih dari 40 detik penjelasan, jika lebih dari waktu tersebut maka dianggap “Lost point” . Inilah yang merupakan bagian yang menantang, yaitu bagaimana fleksibilitas dilakukan antara mana dominansi qualitas dan quantitas. Menyeimbangkan keduanya merupakan kunci sukses dalam hal ini.
  2. Kebijaksanaan kehadiran dan waktu istirahat yang cukup menantang karena terkadang dengan model jadwal shifting seseorang staff call center memerlukan kedisiplinan yang lebih dalam segi waktu daripada pekerja di bagian lainnya. Banyak perusahaan melakukan restricted timing dalam penggunaan waktu bagi call center , misalkan waktu ke toilet hanya 5 menit saja.
  3. Perlunya kesiapan alat-alat bantu yang berjalan dengan baik, seperti Headsets. Penggunaan Headsets akan membantu sekali dalam melakukan pekerjaan di call center. Namun penggunaan headsets secara terus menerus terkadang menyebabkan sakit kepala bagi sebagian orang.
  4. Setiap call center selalu ada supervisi. Supervisor berkeliling untuk memonitor para call center associates. Terkadang terpikir seperti tidak ada kepercayaan yang diberikan untuk lebih leluasa dalam bekerja.
  5. Hal yang menarik adalah dengan adanya komisi, award dan hadiah yang diberikan tiap bulannya bagi yang mencapai quota atau yang terbaik. Mungkin hal ini yang banyak menarik perhatian kenapa bekerja di call center, walaupun permintaan managemen tampak tidak realistic untuk dilakukan.
  6. Pekerjaan yang dilakukan penuh berhubungan dengan Customers. Suka atau tidak suka, customers sebenarnya tidak menyukai call center, karena mereka hanya menghubungi pada saat komplain alias hampir sebagian waktu mereka menelpon hanya untuk memberikan keluhan, jangan harap untuk mendapatkan pujian. Oleh sebab itu, satu tempat yang baik melatih membangun Rapport adalah call center, karena tujuannya jelas, untuk membuat customer happy dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. 

By : Sugi Yanti

  • 05 Jan, 2018
  • 168Solution Public Class

Share This Story